Laporan Penjualan Periode

 

Laporan Penjualan Periode - Penyajian laporan penjualan yang akurat merupakan elemen penting untuk kepentingan pengambilan keputusan dan strategi pemasaran yang efektif, efisien dalam dunia bisnis. Yang merupakan salah satu elemen penting tersebut adalah tersedianya laporan penjualan periode.

Untuk Artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan satu cara penyajian pelaporan per periode dengan menggunakan fungsi “SUMIFS” yaitu suatu fungsi formula yang terdapat pada excel 2007 keatas yang dapat kita gunakan untuk menjumlahkan suatu nilai dengan kriteria tertentu.

Berikut langkah-langkahnya :

Pertama : Buatlah Table seperti gambar di bawah, yaitu table yang menunjukkan range penjualan dari periode awal sampai periode akhir tertentu. Range bisa berdasarkan tanggal, bulan atau tahun. dan untuk tutorial kali ini saya menggunakan data table dengan Range data per bulan yaitu data sample penjualan Satu Kuartal (1 Jan 2011 sd 30 April 2011). jika anda enggan membuat tabel sendiri, download saja dari link berikut Data Total Penjualan periode

Menghitung Total Penjualan Periode

Langkah Kedua : Pada Sheet berikutnya buatlah suatu Form seperti gambar di bawah

rumus menghitung penjualan periode

Pada cell (D3) fill warna hijau, tambahkan kriteria data validatian, dengan nilai acuan antara periode laporan 1 Jan 2011 sd 30 April 2011, caranya lihat pada navigasi gambar berikut

data validatian penjualan periode

Langkah Ketiga : Pada Cell C6 isikan rumus =D3, selanjutnya untuk Cell C7 tuliskan Rumus =DATE(YEAR(C6),MONTH(C6)+1,1) dan untuk Cell D6 tuliskan rumus =EOMONTH(C6,0). Selanjutnya masing-masing rumus pada Cell C7 dan Cell D6 Copy kan untuk baris berikutnya.

Langkah Keempat : pada Cell E6 isikan rumus =SUMIFS(‘Lap Penjualan’!$H$6:$H$846,’Lap Penjualan’!$B$6:$B$846,”>=”&C6,’Lap Penjualan’!$B$6:$B$846,”<=”&D6).

Penjelasan Rumus untuk penerapan fungsi diatas:

= sumifs (sum_range, criteria_range1, criteria1, [ criteria_range2, criteria2],  [criteria_range3, criteria3], …)

  1. sum range : nilai range yang ingin di totalkan, yaitu pada sheet Lap Penjualan dengan range antara cell H6 sampai dengan cell H846.
  2. criteria range : Nilai ditotalkan berdasarkan kriteria range tanggal pada sheet laporan penjualan yang berada pada range antara cell B6 sampai dengan cell B846.
  3. criteria1 : nilai yang ingin dimunculkan pada cell rumus adalah berdasarkan kriteria tanggal pada sheet Total Penjualan Periode, dengan ketentuan criteria range akan dihitung jika memenuhi syarat >= Cell C6.
  4. criteria1 : nilai yang ingin dimunculkan pada cell rumus adalah berdasarkan kriteria tanggal pada sheet Total Penjualan Periode, dengan ketentuan criteria range akan dihitung jika memenuhi syarat <= Cell C6.

 

Jika petunjuk dilakukan dengan benar, maka hasil akhirnya akan seperti gambar dibawah ini

Laporan Penjualan Periode
Agar lebih mudah mengikuti langkah-langkah diatas, Lihat juga vidio tutorial dibawah ini
that All, Selamat mencoba dan Goodluck!
About agus salim mh

Saya adalah pribadi sederharna yang mempunyai banyak obsesi hidup dan sampai detik ini masih terus diusahakan semuanya tercapai. ngeBlog adalah salah satu bagian dari hobi saya dengan harapan juga menjadi media untuk sharing pengetahuan kepada publik, semoga bermanfaat, amin.

Speak Your Mind

*

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: